Rabu, 29 September 2010

Si Cantik Hiasan Natal

Sudahkah Anda mengecek hiasan natal di rumah anda? bagaimana kondisinya ? sudah rusak atau masih bisa digunakan ? karna NATAL sudah hampir tiba loch. Orang-orang sibuk mendekorasi hunian agar lebih bernuansa Christmas. Anda tidak boleh ketinggalan dong. Sudahkah Anda mendekorasi rumah?

Dimulai dari teras rumah Anda. Anda bisa meletakkan pohon Natal ukuran medium di sudut teras dengan dihiasi pernak- pernik pohon Natal pada umumnya. "Jangan sampai lupa dengan lampu dekorasinya. Belit lampu dari ujung atas pohon ke ujung bawah. Supaya lebih indah, padukan dua warna berbeda. Jadi pada saat menjelang malam dan Anda menyalakannya, teras akan terlihat lebih indah dan kudus," kata desainer interior Maya Pangestu.

Beri gantungan wreath (daun cemara dan rangkaian bunga yang sudah dibentuk lingkaran dengan rotan) di bagian depan pintu rumah Anda. Beri aksen lonceng bel agar lebih manis.

Masuk ke dalam, Anda pun harus mendekorasi ruang tamu. Untuk Anda yang merayakan Natal, pasti tahu warna khas perayaan tersebut bukan? Betul! Hijau, merah, dan putih adalah tiga warna yang identik dengan Natal. Warna hijau bisa didapat dari pohon Natal, sementara merah dan putih adalah simbolisasi wujud tokoh Santa Claus.

Pohon Natal merupakan elemen penting untuk ruang tamu Anda. Bedanya dengan pohon Natal yang terletak di teras, pohon Natal di ruang tamu biasanya jauh lebih besar dan dekorasinya pun lebih lengkap serta "ramai". Ini karena ruangan tersebut nantinya bakal menjadi pusat tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga, sanak saudara, dan teman.

Agar lebih terasa hangat, Anda harus menambah kadokado yang sudah terbungkus rapi di bagian bawah pohon. Atur sedemikian rupa agar terlihat menarik. "Kado-kado ini bisa jadi adalah kado yang akan digunakan untuk acara tukar kado di antara keluarga. Tapi, kalau sudah dibuka nanti, pohonnya akan terlihat kosong. Jadi bisa diakali dengan meletakkan kado- kado kosong untuk dekorasi pohon. Sementara kado yang asli sebaiknya dipegang oleh masing-masing orang saja," papar Maya.

Bagian rumah yang juga tidak boleh luput dari dekorasi Natal di antaranya lorong yang menghubungkan ruang tamu dengan ruangan lain. "Agar lorong rumah lebih terasa nuansa Natalnya, Anda harus mentransformasikannya terlebih dahulu. Bersihkan lorong dari barang-barang yang tidak terlalu penting agar lebih terkesan luas," kata Maya lagi.

"Beri saja meja konsol dengan rak kecil di bawahnya sebagai tempat penyimpanan. Kalau rumah Anda memiliki tingkat, jangan lupa mendekorasi tangganya ya," imbuh Maya.

Kalau Anda memang sudah menyisihkan dana untuk menyambut perayaan Natal, mungkin Anda bisa meletakkan karpet merah sepanjang tangga Anda. Lalu beri hiasan pada pegangan tangga dengan pernak-pernik seperti pita merah yang melilit sepanjang pegangan. Agar lebih cantik, beri ornamen Natal seperti buah berry plastik lengkap dengan daun-daun hijaunya agar muncul kesan kontras. Anda juga bisa menambahkan kaus kaki warna putih di pinggiran tangga tersebut.

"Kalau ingin hemat, sebenarnya untuk hiasan kaus kaki bisa digunakan kaus kaki yang kita pakai sehari-hari. Tapi, karena sering kita pakai, pasti bentuknya sudah tidak pas lagi. Jadi sebaiknya sih beli saja. Sekarang banyak kok dijual kaus kaki khusus untuk dekorasi Natal. Harganya pun tidak mahal, paling sekitar puluhan ribu rupiah," timpal Mahakardi, pemilik toko ornamen Natal di Bekasi. Dapur dan ruang makan tidak boleh dilupakan. "Natal itu kan ada acara makan-makan dan memasaknya. Jadi, kedua tempat tersebut juga harus ada nuansa Natalnya," tukas Maya.

"Enggak perlu ada pohon Natal. Cukup dekor saja elemen dapur dan ruang makan seperti kulkas, kitchen set, dan meja makan dengan lilin-lilin cantik warna merah beserta bunga. Pinggiran meja juga bisa diberi ornamen pita merah, putih, hijau. Beri aksen bola metal Natal dan buah berry plastik agar lebih cantik. Dekorasi meja makan tak perlu terlalu ramai, nanti malah susah digunakan untuk makan," saran Maya lagi.

Untuk kamar tidur, hiasan, dan dekorasi Natal bisa disesuaikan dengan karakter dan pribadi masing-masing si empunya kamar. Kalau Anda ingin meletakkan pohon Natal, sebaiknya jangan yang terlalu besar. "Oh ya, jangan lupa untuk menggantungkan mistletoe di setiap pintu ya. Itu salah satu ornamen Natal yang wajib ada," seru Maya.

Sumber :
http://lifestyle.okezone.com
Temukan hadiah yang unik dan menarik untuk orang-orang terkasih dalam daftar Hadiah Natal Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar